Thursday, 26 July 2012

International Student Center – Universiti Kebangsaan Malaysia (ISC – UKM) Berencana untuk Mengadakan Orientasi Studi bagi Mahasiswa S2 dan S3 Luar Negara Baru

Pada pukul tiga sore, Jum’at (20/07/2012), di Pusat Teknologi Maklumat, International Student Center bekerja sama dengan Pusat Pengajian Siswazah mengadakan rapat yang melibatkan berbagai pihak UKM (Bendahari, Unit Kendaraan, dll.) untuk membahas rancangan mengenai tentatif program orientasi khusus bagi mahasiswa S2 dan S3 luar negara baru. Persatuan Pelajar Indonesia (PPI UKM) turut menghadiri pertemuan tersebut bersama dengan persatuan pelajar luar negara lainnya.

Acara orientasi khusus ini dimaksudkan sebagai sarana penerangan kepada mahasiswa baru tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menempuh pendidikan di Universiti Kebangsaan Malaysia. Dalam program orientasi tersebut, para mahasiswa kurang lebih akan diperkenalkan dengan perwakilan persatuan mereka masing-masing, diberikan penjelasan mengenai biaya pendidikan, pencarian jurnal, permasalahan imigrasi, garis besar mata kuliah bahasa dan budaya Melayu, mata kuliah bahasa Inggris, dan fasilitas-fasilitas UKM (Klinik, akomodasi, transportasi dan zakat). 

Tidak hanya itu, UKM juga akan mengatur jamuan makan malam dengan pejabat-pejabat tinggi yang belum pernah diadakan sebelumnya. Orientasi pelajar luar negara baru juga akan dilengkapi dengan campus tour, kunjungan ke Alamanda dan Putrajaya, serta perjalanan malam ke Kuala Lumpur. UKM juga akan memasilitasi pembukaan rekening CIMB secara massal dalam program orientasi tersebut.

Program tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung dari permulaan kegiatan pada tanggal 11 September 2012. Waktu daftar ulang mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 7 September 2012. Terdapat sedikit perbedaan dalam isi surat tawaran (offer letter) yang diedarkan UKM kepada para mahasiswa baru. Di dalam surat tawaran, akan dicantumkan informasi mengenai persatuan yang sekiranya dapat mempererat urusan silaturrahim mahasiswa baru selama berada di Malaysia. 

Lalu, bagaimana dengan kedudukan mahasiswa S1 Indonesia UKM yang baru? Apakah mereka akan mendapatkan program orientasi yang sama? Rupanya, keadaan sedikit berbeda. Lain halnya dengan mahasiswa S2 dan S3, mahasiswa S1 mempunyai dua pilihan untuk mendaftar sebagai mahasiswa UKM. Pelajar prasiswazah yang mendaftar sebagai mahasiswa Bukan Warganegara, akan diikutkan dalam orientasi pelajar lokal Minggu Mesra Pelajar seperti tahun-tahun sebelumnya yang akan diadakan pada 2 s.d. 9 September 2012. Sedangkan, bagi mahasiswa S1 yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Luar Negara, mereka akan mendapatkan orientasi bersama-sama dengan mahasiswa S1 internasional lainnya.

Perencanaan ISC UKM untuk mengadakan orientasi khusus ini juga memberikan dampak terhadap kepada pengurus PPI UKM 2012/2013 untuk mendesain kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang berbeda, lebih menarik dan tidak mengulang penerangan yang telah dicakup dalam orientasi tersebut. Semoga. (Satria).

-- Didistribusikan oleh Departemen Humas dan Infokom PPI UKM 2012/2013



PPI UKM SIP!!

0 comments:

Post a Comment