Thursday, 26 July 2012

Latihan Solidaritas Pengurus PPI UKM 2012/2013


Setelah selama beberapa waktu terakhir PPI UKM sepi dengan agenda kegiatan khusus pengurus (dikarenakan oleh adanya masa-masa ujian mahasiswa selama 4 minggu berturut-turut terhitung setelah pelantikan pengurus pada tanggal 25 Mei 2012), PPI UKM kembali mengusung sebuah kegiatan pendalaman kemampuan organisasi bagi para pengurus pada hari Minggu, 15 Juli 2012, sesuai dengan rapat perencanaan program kerja jangka panjang 1 tahun yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 30 Juni 2012. 

Pelatihan dimaksudkan untuk menciptakan pengurus yang bersatu dan bertanggung jawab dalam menyambut kegiatan – kegiatan PPI ke depannya, termasuk kegiatan terdekat, kongress PPI Malaysia yang bertempatkan di UKM pada tanggal 28-29 Juli 2012. 

Diketuai oleh salah satu anggota Departemen Intelektual dan Sumber Daya Manusia, Hayatun Nupus, mahasiswa S2 Fakultas Pendidikan UKM, kegiatan yang sebelumnya bernama “Latihan Kepimpinan Pengurus PPI UKM”, diadakan kembali dengan nama dan fokus kegiatan berbeda, yaitu “Bengkel dan Latihan Perpaduan Pengurus PPI UKM 2012/2013 (Latihan Solidaritas Pengurus PPI UKM 2012/2013)”, lebih ditujukan untuk mengasah sifat kepemimpinan yang sudah ada di setiap jati diri pengurus dan menciptakan suasana kerja yang solid. 

Tidak sama dengan kegiatan setahun sebelumnya, pelatihan pengurus pada angkatan 2012/2013 ini dilaksanakan dalam waktu 1 hari karena acara tersebut tidak lagi mencakup pembahasan program kerja 1 tahun. Pelatihan ini telah melibatkan Unit Kaunseling UKM yang peduli akan pengembangan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa UKM. 

Kegiatan dilaksanakan secara sederhana di dalam lingkungan UKM untuk meminimalkan anggaran dan tenaga para panitia yang telah terkuras dalam dua kegiatan sebelumnya pada Pengajian Menyambut Ramadhan dan Salam Merdeka 2012 tanggal 7 dan 8 Juli 2012. Selain itu, kesederhanaan acara mempertimbangkan sebagian besar pengurus sedang dalam masa liburan dan tidak mengambil semester pendek dalam bulan Ramadhan. Secara garis besar, rangkuman materi yang diberikan oleh Puan Yuslina Johari, Unit Kaunseling UKM, adalah sebagai berikut: 

1. Adalah banyak dalam organisasi-organisasi, isu tentang kegagalan dalam memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain kerap terjadi. Dimulai dari masalah sederhana, gagal dalam memimpin diri sendiri untuk hadir tepat waktu, sampai kegagalan memimpin diri sendiri untuk turut hadir dalam kegiatan.

2. Pemimpin tidak terdapat dalam jumlah banyak namun pengikut yang berjumlah amat banyak. Pengikut berani berbicara di belakang dan banyak berkomentar namun mereka tidak berani ketika ditunjuk sebagai pemimpin dan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang ia bicarakan tersebut.

3. Pemimpin tidaklah sama dengan bos. Pemimpin mempunyai niat untuk ikut terlibat dengan anggotanya sedangkan bos hanya membuat perintah.

4. Ciri-ciri pemimpin adalah ia tidak selalu dilahirkan dengan bakat untuk memimpin, melainkan perlu dibentuk dan dilengkapi dengan skill tertentu, jujur, bersemangat, dan bertanggung jawab. Yang juga menjadi sifat pemimpin adalah taat kepada Allah SWT, tidak gila kuasa, sanggup berkorban, dan tidak malas. 

5. Bagaimana antara sesama manusia seharusnya diperlakukan:  
a. Diberikan kasih sayang, bukan dibenci
b. Dipahami, bukan dihakimi
c. Diterima, bukan ditolak
d. Dihormati, bukan dihina
e. Ditolong, bukan disakiti

Semoga bermanfa’at. (Satria). 

-- Didistribusikan oleh Departemen Humas dan Infokom PPI UKM 2012/2013

0 comments:

Post a Comment