Monday, 23 June 2014

Highlight Syarahan Utama Gubernur Sulawesi Selatan (Held by IMSSIMA)

Salam semangat kepada rekan-rekan sekalian,

2015 sudah di depan mata. Masyarakat Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015 pun juga sudah di depan mata. Demi mempersiapkan komunitas ASEAN yang stabil dan saling memberikan manfaat satu sama lain, diperlukan kerjasama yang saling menguntungkan satu sama lain. 

Adalah Dr. Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dengan panggilan SYL ini telah mengadakan kunjungan / lawatan ke UKM dalam rangka kunjungan kerja sekaligus memberikan Syarahan Utama (Grand Seminar) yang bertajukkan Indonesia dan Perannya di Komunitas ASEAN. 

Dalam syarahan utama ini, SYL menegasakan bahwa kepemimpinan nasional di kalangan ASEAN kini dan mendatang dihadapkan dengan tantangan era persaingan global lebih khusus di bidang ekonomi. Untuk itu, butuh kesiapan masing-masing di antara 11 negara ASEAN, termasuk Indonesia. Dalam Era borderless society, free trade, dan open sky saat ini, bangsa Indonesia bersama anggota ASEAN lainnya berhadapan dengan tantangan perwujudan ASEAN Economic Community 2015, tantangan ACFTA (ASEAN-China Free Trade Area), dan WTO (World trade Organization), dengan berbagai dinamika ekonomi dunia yang makin kompetitif.

Berikut adalah karakter AEC 2015 nanti:

Bidang Ekonomi:
Adanya pasar tunggal dan basis produksi dengan aliran bebas barang, jasa investasi, tenaga kerja yang terampil dan aliran bebas modal.

Bidang Politik Keamanan:
Semakin besarnya keterkaitan dan interaksi di bidang politik dan keamanan.

Bidang Sosial Budaya:
Terwujudnya suatu masyarakat yang damai dan sejahtera yang mampu membangun kemajuan berdasarkan kepedulian terhadap pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan masyarakat, kebudayaan, informasi, sains, dan teknologi.


Konsekuensi dari adanya AEC 2015, lanjut menurut SYL, adalah melahirkan :
- Pasar tenaga kerja global
- Pasar keuangan global
- Pasar kredit global; dan
- Perubahan iklim global.

Lokasi ASEAN di peta dunia terletak di lokasi yang sangat strategis, yakni tepat berada di tengah-tengah (berada di persimpangan jalur logistik laut dunia). Dengan adanya AEC 2015, diharapkan nantinya komunitas ASEAN akan mampu mengimbangi kemajuan ekonomi yang telah lama terjadi di Uni Eropa, Korea Selatan-Jepang, dan Amerika Serikat.

Berikut adalah beberapa snapshot kami dalam Syarahan Utama Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Persada Canselori UKM tersebut:

Dr Syahrul Yasin Limpo sedang memberikan syarahan utamanya

Sambutan dari pihak UKM

Penandatanganan MoA antara pihak UKM dan Sulawesi Selatan

Held by rekan-rekan IMSSIMA.

Related News :
Antara News - Sulawesi Selatan Bertekad Lampaui Malaysia
Kabar Makassar - Mahasiswa di Malaysia mulai Sibuk Jelang Kedatangan SYL
Celebes One - SYL: Sulawesi Selatan Bertekad Kalahkan Malaysia

0 comments:

Post a Comment