Tuesday, 3 March 2015

Ringkasan Pengajian Bulanan PPI-UKM 2015 (28 Februari 2015)



Assalamu’alaikum.wr.wb

Segala puji bagi Allah SWT yang memberikan nikmat kepada kita semua. Nikmat islam dan iman dan semoga nikmat ihsan juga selalu menyertai kita semua. Dan Shalawat kepada Rasululloh Muhammad SAW yg menjadi teladan kita sampai akhir zaman.
Kawan2 PPI UKM yg dirahmati Allah, pada kali ini Bidang Kerohanian PPI UKM akan berbagi ilmu yang didapatkan dari pengajian bulanan kita pada tanggal 28 Februari 2014 lalu. Materi yang disampaikan dalam kesempatan tersebut adalah “fiqh musafir” oleh ustad  H Windo Wijaya Putra, Lc, MA.
 

Fiqh Musafir

Musafir berasal dari kata safar yang berarti keadaan yang menampakkan sifat sebenar seseorang. Dengan kata lain musafir adalah adalah suatu keadaan dimana bahwa seseorang akan menunjukkan sifat aslinya. Oleh karena itu banyak yang mengatakan, jika ingin mengetahui sifat asli sesorang, maka bepergian lah dengannya. Secara sederhana, safar diartikan sebagai bepergian.

Adab-adab safar :
1.      Sebelum safar, mengerjakan sholat sunnah safar 2 rakaat.
2.      Memilih hari, yaitu hari kamis karena safar dimulai dari hari kamis adalah sunnah. Bukan berarti hari lain tidak baik untuk safar, namun Rasululloh sering melakukan safar dengan memulai dari hari khamis.
3.      Pamitan kepada orang-orang yang akan ditinggalkan dengan membacakan doa yang artinya “ aku titipkan engkau kepada Allah yang sekali-kali tidak akan menyia-nyiakan titipan”.
Dan orang yang ditinggalkan menjawab “ aku juga titipkan agama dan amanatmu dan penutup amalmu”

4.      Adab berdoa
5.      Kalau bepergian dengan lebih dari 2 orang, maka tunjukklah salah satu sebagai ketua kelompok. Yang sesuai dengan hadits “ kalau kalian bepergian 3 orang maka tunjuk salah seorang sebagai ketua”.
6.      Dan apabila ketika kita bepergian, dan harus melakukan berhenti sejenak untuk melakukan perjalanan berikutnya atau saat ini dikenal dengan transit, maka kita berdoa yang artinya “ Ya Allah aku berlindung dengan namaMu yang sempurna dari kejahatan makhlukMu. Ini adalah doa Rasululloh ketika berhenti dan akan melanjutkan perjalanan selanjutnya.
7.      Baca takbir disaat menaiki jalanan yang tinggi dan baca tasbih di saat jalanan yang menurun atau lebih rendah. Untuk contoh saat ini, apabila kita akan take off baca takbir, dan baca tasbih apabila ingin landing.
8.      Memperbanyak doa saat musafir
9.      Doa ketika sampai atau pulang dari safar atau bepergian, yang artinya “ ya Allah kami sampai dalam keadaan memuji kepadaMu, bertaubat, dan mengakui perhambaan kepada Mu.

Sedekah Allah terhadap orang yang safar :
1.      Tidak diwajibkan berpuasa. Allah memberikan keringanan (rukhsah)
2.      Bagi laki-laki, boleh mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur saat bermusafir, namun dilarang sengaja memulai safar pada saat mendekati waktu sholat jumat.
3.      Sholat qasar dan jama’.
Jama’ artinya menggabungkan. Yaitu menggabungkan 2 waktu sholat. Sholat yang dapat dijama’ adalah dzuhur dengan ashar, dan maghrib dengan isya. Selain itu tidak diperbolehkan dijama’.
Jama’ terbagi 2 yaitu jama’ taqdim dan jama’ takhir. Jama’ taqdim adalah jama’ yang dilakukan pada waktu sholat yang pertama, yaitu dzuhur dan maghrib. Dan jama’ takhir dilaksanaakan pada waktu sholat yang dijama terakhir, yaitu ashar dan isya. Pelaksanaan sholat jama’ sama seperti sholat yang biasa dilakukan, namun 2 waktu sholat digabungkan.

Qasar artinya memendekkan. Yaitu memendekkan rakaat sholat dari 4 rakaat menjadi 2 rakaat. Waktu sholat yang boleh di qasar adalah yang rakaatnya 4 saja.maghrib dan subuh tidak boleh di qasar.

Gabungan keduanya adalag jama’ qasar, yaitu memendekkan rakaat sholat dan menggabungkannya.


Menurut sebagian besar ulama, seseorang dikatakan musafir adalah melaksanakan perjalanan sejauh 85km. dan maksimal waktu untuk menjama’ sholat adalah 4 hari dalam bermusafir. 


Nah, demikian ceramah yang telah disampaikan dalam pengajian bulanan PPI-UKM 2015, semoga bermanfaat buat kita yang bersafar untuk menuntul ilmu di Malaysia ini.
Semoga kita dapat mengambil manfaat dari ceramah pengajian bulanan PPI-UKM 2015 yang akan diadakan selanjutnya, buat makasiswa Indonesia UKM, mari selanjutnya kita ramaikan majlis ceramah untuk menambah pengetahuan rohani kita..Sekian

Wassalam..








0 comments:

Post a Comment