Thursday, 14 May 2015

PERNYATAAN MEDIA Mengenai ICMA 2015 organized by PPI UKM 2014-2015


PERNYATAAN MEDIA

Tanggal : 28 April, 2015 
Tempat : Berjaya Time Square Hotel, Kuala Lumpur

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) – Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dengan dukungan Atase Pendidikan – Kedutaan Besar Republik Indonesia, Kuala Lumpur., Universiti Kebangsaan Malaysia, Yayasan Pendidikan Titiwangsa, Kuala Lumpur, Yayasan Ikatan Rakyat Malaysia Indonesia dan Ikatan Cendekiawan Minangkabau Malaysia telah mengadakan sebuah “International Conference on Multidiscplinary Academic 2015 for Society Development”.

 Tahun ini 2015, negara – negara ASEAN : Brunei, Cambodia, Indonesia, East Timor, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand dan Vietnam bersatu menjadi satu kesatuan. Dimulainya rancangan cetak biru tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dibawah persetujuan ini, sebuah pasar tunggal kawasan ASEAN dapat terbentuk pada tahun ini. Tujuan utama kesepakatan ini adalah membentuk sebuah pasar kompetitif kepada seluruh 600 juta penduduk di negara ASEAN. 
Pada nantinya akan banyak barang – barang keperluan masyarakat dari berbagai negara ASEAN, investasi usaha menjangkau disetiap negara ASEAN serta pergerakan tenaga kerja terampil, begitupula dengan pengurangan tariff dan jalur prosedur administrasi. Banyak dunia usaha telah mempersiapkan tiga tahun kedepan untuk dapat memenuhi tantangan dan kesempatan masyarakat ekonomi ASEAN ini. 
Program ICMA 2015 memperkenalkan usaha PPI – UKM membangun fungsi pendidikan bidang akademik dan non akademik. Pertemuan ilmiah ini mempunyai tujuan sebagai persiapan mahasiswa seluruh anggota ASEAN yang belajar di Malaysia ketengah masyarakat. Persiapan – persiapan ini dapat berupa ide – ide, pemikiran, inovasi untuk masyarakat dan teknologi tepat guna. Pertemuan ilmiah disampaikan oleh pembicara kunci Ajunct Professor Dato’ Dr. Ghazali Mohd Yussof sebagai wakil dari Presiden Ikatan Cendekiawan Minangkabau, Malaysia, fellowship pada Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia, Lehigh University, USA dan Tehran University, Iran tentang kerjasama usaha untuk membangun dan memperbaiki masyarakat ekonomi ASEAN dari sektor nyata atau padat karya. 
Pembicara utama pertama disampaikan oleh Dr. Bayu Krisnamurthi, M.Sc sebagai mantan wakil Menteri Perdagangan, Republik Indonesia serta dosen senior Universitas Pertanian Bogor, Indonesia., tentang persiapan – persiapan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni dari Malaysia dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN ini. 
Pembicara utama kedua disampaikan oleh Professor Erry Triblas Yulian Adesta, PhD sebagai Dean, faculty of Engineering dari Universitas Islam Antarabangsa, Malaysia atau dikenal International Islamic University of Malaysia, Gombak, Selangor, membicarakan tentang bagaimana membangun teknologi tepat guna dan bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Program pertemuan ilmiah ini, dilancarkan oleh Saudara Roer Eka Pawinanto, S.Pd sebagai Ketua Pelaksana ICMA 2015 serta merangkap sebagai Ketua Departemen Pengembangan Intelektual PPI – UKM beserta anggota pengurus lainnya. Menurut pernyataannya bahwa pertemuan ilmiah ICMA diharapkan dapat sebagai platform atau bentuk landasan untuk kegiatan ilmiah yang akan datang. ICMA ini pula dapat diadakan di Indonesia dengan mengundang PPI yang tersebar diseluruh dunia.

BEBERAPA DOKUMENTASI PELAKSANAAN ICMA 2015












PENGENALAN PERSATUAN PELAJAR INDONESIA (PPI) UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA (UKM)
PPI – UKM merupakan organisasi mahasiswa dari Indonesia yang sedang mengikuti pendidikan di Universiti Kebangsaan Malaysia dengan semboyan “Together we unite in Harmony”. PPI – UKM merupakan bagian dari PPI dunia, PPI Asia Pasifik dan PPI Malaysia. Secara struktur PPI – UKM bahagian dari PPI Malaysia atau setara dengan organisasi PPI yang ada disetiap perguruan tinggi Malaysia. 
Tujuan PPI – UKM sesuai dengan tujuan pemerintah Indonesia khususnya Atase Pendidikan – KBRI Kuala Lumpur dalam membangun fungsi dan kemampuan akademik. Makna membangun fungsi akademik ialah membuka dan menjalankan sarana pendukung akademik, serta kemampuan akademik adalah meningkatkan ketrampilan mahasiswa serta persiapan – persiapan untuk terjun ketengah masyarakat menurut ucapan Atase Pendidikan – KBRI yang sedang menjabat ialah Professor Dr. Ir. Ary Purbayanto.

Ketua Umum PPI – UKM, Ir. Harry Ramza, MT menyatakan mempunyai beberapa organisasi lokal atau daerah yang bertujuan untuk membangun sumber daya manusia daerah dan konsep pemikiran untuk membangun budaya masyarakat daerah. Perwakilan – perwakilan didalam PPI – UKM terdiri dari organisasi; BAKADMA, Aceh., IPAMSU, Sumatera Utara., IKMM, Sumatera Barat., PMRM, Riau, Ikatan Mahasiswa Jambi, Ikatan Mahasiswa Lampung, IMSIMMA – Makassar, Ikatan Mahasiswa Jawa Timur, Ikatan Mahasiswa Madura, Ikatan Mahasiswa Lombok, Ikatan Mahasiswa Bali.

Dengan harapan, pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan Tinggi dan Riset, Republik Indonesia dapat menjadikan agenda yang besar dan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Hasil akhir yang diharapkan ialah pemerataan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan sarana fisik diseluruh daerah – daerah kabupaten atau kotamadya di Indonesia.

_______________________________________________________________________ 

Pernyataan Media ini juga dapat diunduh dalam format pdf melalui link berikut:
Pernyataan Media mengenai ICMA 2015 held by PPI UKM 2014-2015(pdf format) 

dan juga via issuu.com melalui link berikut:


Published by Media Center Team
PPI UKM 2014-2015
Together We Unite in Harmony

1 comments:

  1. Terkait informasi: http://www.ppiukm.org/2015/05/pernyataan-media-mengenai-icma-2015.html

    Kami ingatkan bahwa informasi ini telah terindeks mesin pencari. Silahkan update kembali. Terima kasih

    Domino 99 | Domino 99 Online | Agen Domino QQ | BandarQ | onebetqq.com

    ReplyDelete